Bandung – Menjelang Hari Raya Idul Fitri ( 1444 H.) Team  Liputan Jurnalis Polda Jabar Melakukan Laporan Khusus (Lapsus) Arus Mudik 2023

Bhayangkaraglobalnews.com – Ketua pelaksana Lapsus Levi Arizal, Minggu (16/4/2023) yang ditemui di KM 57 Cipularang mengatakan, laporan khusus arus mudik, diadakan JPJ (Jurnalis Polda Jabar) setiap tahunnya dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat mencari impormasi terkait kondisi arus mudik dan jalur yang dilewati.

Sementara di tempat sama Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol. Wibowo mengapresiasi digelarnya Lapsus oleh JPJ, dan berharap kegiatan ini berjalan lancar karena sangat membantu masyarakat dalam pencarian informasi terkait arus dan jalur mudik yang akan digunakan.

“Untuk kondisi arus mudik, dari hasil pemantauan hari ini, lalulintas masih landai dan belum ada pergerakan yang ang Signifikan,” jelas Wibowo.

Menurut Wibowo, untuk ruas Cimalaka – GT Ujungjaya Utama sudah bisa digunakan masyarakat pengguna jalan dari hari Minggu 16 April 2023 mulai pukul 08.00 WIB.

Ruas tol Cimalaka – Ujungjaya Utama, menurutnya, ruas jalan tersebut menghubungkan Tol Padaleunyi sampai ke Dawuan tembus ke Tol Cipali, dengan panjang sekitar 62 KM.

Penggunaan jalan tol ruas Cimalaka – Ujungjaya hanya dibuka terbatas pukul 08.00 – 15.00 WIB. Setiap harinya menurut Wibowo, dibuka dengan satu arah, yaitu pada saat tren arus mudik, berlaku satu arah dari Bandung menuju Dawuan Cipali serta saat tren arus balik, berlaku satu arah dari arah Dawuan Cipali menuju Bandung.

iWibowo  menjelaskan bahwa Interchange tol Cisumdawu yang mengarah ke Ujungjaya Utama (Cipali) ada di antara KM 186 sampai KM 200 (dari arah Bandung).

Selain itu jalan tol Cisundawu di ruas Cimalaka – Ujungjaya Utama baru menggunakan jalur A (sebelah kiri dari arah Bandung).

“Pada saat fungsionalisasi sementara tol Cisumdawu di ruas Cimalaka – Ujungjaya Utama disediakan rest area di sekitaran KM 194 sampai KM 400 di jalur B, yang terletak sebelah kanan dari arah Bandung,” jelas Wibowo.

Baca Juga :  Menyambut Puasa Tarwiyah dan Arafah 2024: Persiapan Umat Islam untuk Ibadah yang Penuh Berkah

Hanya saja, kata Wibowo, rest area tersebut bersifat darurat, di area itu disediakan SPBU modular, WC Portable, dan toko Indomaret. Kepada para pengguna jalan, Wibowo menghimbau agar tidak berlama – lama beristirahat karena masih banyak masyarakat lainnya pun yang memerlukan tempat itu untuk beristirahat sejenak.

Selain itu, Wibowo menyebutkan, terdapat perpindahan jalur di KM 201 sampai KM 150 dari jalur A ke jalur B dengan panjang sekitar 1,7 KM (KM 202 sampai dengan KM 850), dan jalur kembali lagi ke jalur A.

“Karena fungsionalisasi jalan tol Cisumdawu ruas Cimalaka – Ujungjaya Utama masih bersifat darurat dengan infrastruktur jalan belum mencapai 100 % selesai dengan sempurna, sehingga bagi masyarakat pengguna jalan yang melewati jalur tersebut harus berhati-hati. Menjaga kecepatannya, tidak ngebut dan fokus dalam mengemudikan kendaraannya,” pungkas Wibowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *